Skip to main content

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict From Here
Gua merupakan sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Pada zaman dahulu, nenek moyang kita menggunakan gua sebagai tempat tinggal dan berlindung. Kini, sebagian besar gua hanya difungsikan sebagai tempat pariwisata. Berikut ini adalah "5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia".

5. Gua Orda - Rusia
Ordinskaya atau Gua Ordin, gua orda merupakan gua gipsum dan merupakan gua bawah air terpanjang di Rusia, bahkan di dunia. Panjangnya mencapai 5 km dengan air yang sangat jernih, sehingga penyelam dapat melihat 45 meter ke depan dengan jelas. Air di gua ini tidak mengandung arus atau aliran. Gua ini tak luput dari mitos setempat, disebutkan bahwa terdapat sesosok perempuan yang hidup dan mengawasi para penyelam di dalam gua. Penjelajahan gua ini tidaklah mudah, suhu yang berkisar antara -3 derajat hingga -20 derajat celcius membuat para penyelam harus berhati-hati. Sehingga menyebabkan atap gua mudah sekali untuk jatuh.

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict From Here
4. Gua Waitomo - Selandia Baru
Gua Waitomo merupakan gua yang menjadi habitat tempat tinggal spesies glowworm asli Selandia Baru; Arachnocampa luminosa. Seperti namanya, mereka dapat mengeluarkan cahaya. Mereka mengeluarkan cahaya untuk menarik perhatian serangga. Terdapat ribuan glowworm yang hidup dan tinggal di gua waitomo, yang mana menjadi salah satu atraksi dan tempat pariwisata utama di Selandia Baru. Gua ini dapat dijelajahi menggunakan perahu dan pemandangan di dalam gua ini tak kalah indah dengan gua-gua lainnya. Perpaduan antara bagian dalam gua yang tidak tersentuh oleh sinar matahari dengan glowworm yang bercahaya, menjadikan pemandangan gua ini layaknya langit malam yang dipenuhi oleh bintang. 

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict From Here
3. Marble Cathedral - Chili
The Cuevas de Marmol atau Marble Cathedral, merupakan sebuah gua yang terukir di sekitar Danau General Carrera di Chili, yang membentang diantara perbatasan antara Chili dan Argentina. Untuk sampai di tempat ini, para pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup jauh, namun semua itu terbayar dengan indahnya ukiran gua marmer unik ini dan juga beningnya air danau General Carrera. Gua ini terbentuk 6,000 tahun yang lalu oleh gelombang yang mengikis batuan sedikit demi sedikit. 

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict From Here
2. Puerto Princesa Subterranean River - Filipina
Sungai subterranean di Palawan, Filipina, atau disebut juga sebagai St. Paul Underground River, dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1971. Sungai ini merupakan sungai sepanjang 8 km yang mengalir langsung ke laut. Lalu apa hubungannya dengan gua? Aliran sungai ini rupanya mengalir melewati sebuah gua yang sangat indah, bahkan gua ini menjadi gua dengan formasi batuan kapur terindah di dunia. Beberapa formasi batuan tersebut dapat menyerupai binatang, jamur, dan manusia. Pada tanggal 28 Januari 2012, sungai subterranean ini menjadi salah satu dari '7 Keajaiban Alam Dunia' karenanya. Hanya 4 km bagian sungai saja yang boleh dijelajahi oleh turis, kita harus memiliki izin spesial apabila ingin menjelajahi seluruh sungainya.

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict from Here
1. Gua Krubera - Arabika/ Georgia
Pada tahun 2001, Gua krubera, atau disebut juga sebagai Voronja atau Gua Voronja, merupakan gua terdalam di dunia. Pada tahun 2004, ilmuwan mengatakan bahwa kedalaman gua ini mencapai 2,080 meter. Gua ini terletak massif Arabika, sebuah republik yang merupakan bagian dari negara Georgia, namun mengklaim bahwa dirinya adalah negara independen. Banyak ditemukan beberapa kehidupan di dasar gua tersebut seperti; pseudoscorpion, cacing parasit, dan ikan tranpsaran. Setiap tahunnya, gua ini selalu dieksplorasi oleh para penjelajah gua, untuk mengetahui kondisi gua, sistem air bawah tanah, pengembangan geologi, dan iklim kuno yang ada di bumi.

5 Gua Paling Menarik Yang Harus Kamu Kunjungi di Seluruh Dunia
Pict From Here

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".