Skip to main content

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia\
Pict From Here
Tanaman merupakan suatu organisme eukariotik multiseluler dengan kemampuan untuk menghasilkan makanan mereka sendiri dengan proses fotosintesis. Di dunia ini jumlah dan jenis tanaman sangatlah banyak. Ada yang memerlukan beberapa minggu untuk tumbuh, ada pula yang memerlukan waktu beberapa tahun bahkan dekade. Berikut ini adalah "5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia".

5. Agave Americana
Meskipun banyak orang yang menyebutnya sebagai "Century flower" atau "Bunga Abad", sebenarnya Agave Americana hanya memerlukan waktu 10 tahun untuk tumbuh. Tumbuhan ini umum ditemukan di hampir seluruh dunia, mungkin di sekitar tempat tinggal anda sekarang terdapat tanaman unik ini. Namun, mungkin anda sering menyalahartikan tumbuhan tersebut dengan tumbuhan lidah buaya, karena kedua tumbuhan ini sekilas terlihat sama. Pada saat tumbuhan ini mencapai masa dewasanya, wujud Agave Americana akan berubah 180 derajat. Memiliki tinggi hingga 8 meter saat dewasanya, dengan duri-duri tajam serta bunga yang berwarna kuning. Selain keunikannya, tumbuhan ini terkenal memiliki beberapa manfaat seperti; bahan dan atau sumber makanan, antiseptik, dan jus.

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia
Pict From Here
4. Queen of The Andes 
Queen of the Andes (Puya raimondil) merupakan tumbuhan yang hidup di daerah Andes, pada saat mencapai masa dewasanya, tumbuhan ini memiliki tinggi hinga 12 meter. Puya raimondil memerlukan waktu 80 hingga 150 tahun untuk tumbuh dan mencapai dewasa. Hebatnya, tumbuhan ini dapat hidup di lingkungan yang sangat tinggi dan ekstrem, yang mana mustahil bagi tumbuhan lain untuk dapat hidup di daerah tersebut. Karena beberapa faktor, keberadaan tumbuhan ini hilang di beberapa daerah di sekitar Andes seperti; Peru dan Bolivia.

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia
Pict From Here
3. Melocanna Baciffera
Melocanna Baciffera  merupakan sebuah tanaman bambu yang umum dan banyak di temukan di negara India. Tanaman ini hanya berbunga setiap 44 hingga 48 tahun sekali, masa berbunga itulah menjadi masa yang paling dibenci oleh para penduduk lokal. Mengapa? Pada saat musim berbunga, tumbuhan ini akan berbunga secara bersamaan, yang mana hal ini mendatangkan banyak sekali hewan pengerat, dan menyebabkan bencana kelaparan di daerah tersebut. Fenomena ini dikenal sebagao "Mautam" atau "Bamboo Death".

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia
Pict From Here
2. Talipot Palm
Talipot palm merupakan sebuah tanaman tanaman raksasa dan merupakan spesies tanaman palem terbesar ada di dunia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 25 meter tingginya dengan ketebalan pohon mencapai satu meter. Juga, cabangnya dapat tumbuh hingga 6 meter panjangnya. Kita harus sabar saat melihat pohon ini tumbuh, mengingat pohon ini hanya berbunga pada saat berumur 30 hingga 85 tahun saja. Sebelum tumbuhan ini mati, ia akan menjatuhkan ribuan buah seukuran bola golf ke tanah. Talipot merupakan tanaman nasional negara Sri Lanka yang memiliki berbagai macam manfaat.

5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia
Pict From Here 
1. Giant Himalayan Lily
Daerah Himalaya merupakan daerah layaknya dunia fantasy, banyak hal-hal aneh yang terdapat di dalamnya, salah satunya adalah Giant Himalayan Lily. Giant Himalayan Lily merupakan salah satu spesies bunga lily yang tumbuh di daerah Himalaya. Seperti namanya, tumbuhan ini memiliki ukuran yang tidak biasa. Dalam keseluruhan hidunya, tumbuhan ini hanya dipenuhi oleh dedaunan hijau, namun menginjak usia lima hingga tujuh tahun, secara misterius tumbuhan ini mengeluarkan tunas dengan panjang tiga meter yang nantinya menjadi sebuah bunga unik berbentuk trompet. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan lily terbesar dari semua spesies dan hidup di daerah yang tinggi serta tersebar dari India bagian utara hingga ke Jepang.


5 Tanaman Dengan Masa Tumbuh Paling Lama di Dunia
Pict From Here


Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".