Skip to main content

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Kebanyakan orang mungkin sudah sadar akan bahaya dari radiasi dan tidak sedikit juga dari mereka yang masih tidak mengerti bahwa paparan radiasi tidak hanya ditimbulkan oleh senjata nuklir saja. Tanpa sadar, gadget yang sering kita gunakan ternyata juga memaparkan radiasi, namun tidak begitu kuat. Berikut ini "5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui."

5. Proyek Manhattan
Proyek Manhattan merupakan sebuah proyek percobaan pengembangan senjata nuklir oleh Amerika Serikat yang diadakan pada saat Perang Dunia II. Proyek ini berhasil melahirkan senjata-senjata pemusnah masal yang dapat meluluhlantakan sebuah kota seperti bom atom Little Boy dan Fat Man. 

Namun dibalik kesuksesannya, proyek ini menyimpan banyak hal-hal kelam di dalamnya. Proyek Manhattan pernah mengetes efek dari paparan radiasi kepada penduduk dengan cara yang cukup aneh, seperti memberikan oatmeal beradiasi kepada bayi. Selain itu, seseorang yang dijadikan sebagai bahan eksperimen manusia bernama Albert Stevans, menjadi manusia terlama yang berhasil bertahan hidup setelah terkena paparan radiasi berlevel tinggi. Ia disuntik dengan plutonium pada saat proyek ini diadakan dan berhasil bertahan hidup selama 20 tahun.

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui
Pict from Here
4. Radiasi Pisang
Pisang adalah buah yang sangat menyehatkan dan kaya manfaat. Merupakan alternatif bagi beberapa orang untuk mendapatkan sumber energi. Lalu apa hubungannya dengan radiasi? Apakah pisang merupakan sumber energi nuklir alternatif? Tentunya bukan.

Banana equivalent dose (BED) adalah ungkapan informal untuk menyatakan kekuatan paparan ionisasi radiasi. 100 buah pisang setara dengan satu dosis BED, sementara rata-rata dosis mematikan paparan radiasi adalah 35,000,000 BED. 10 buah pisang juga sama beradiasinya dengan sejumlah kecil uranium. Yang menjadikan buah pisang dapat beradiasi adalah kandungan potassium yang terdapat di dalamnya. Namun tenang saja, buah pisang masih tetap aman untuk dikonsumsi.

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui
Pict from Here
3. Bencana Chernobyl 
Bencana Chernobyl adalah kecelakaan reaktor nuklir teraparah dalam sejarah. Pada tanggal 26 April 1986, reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Ukraina meledak. Dampak yang ditimbulkan oleh ledakan tersebut tidak main-main, hampir seluruh warga kota tersebut terkena paparan radiasi. Banyak dari mereka yang mengalami kelainan fisik hingga mengalami penyakit langka yang secara medis sulit untuk disembuhkan. Paparan radiasi tersebut akan berdampak terhadap generasi secara turun temurun.

Vladimir Pravik, petugas pemadam kebakaran yang saat itu menangani ledakan Chernobyl mengalami sebuah mutasi dimana warna matanya berubah dari cokelat menjadi biru. Setelah diadakan studi kehidupan di sekitar Chernobyl ataupun zona bencana nuklir lainnya, paparan radiasi mungkin dapat menyebabkan mutasi genetika yang mana dapat membantu beberapa spesies makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup. Uniknya, kota ini tidak benar-benar menjadi kota kosong. Chernobyl kini dihuni oleh satwa-satwa liar, mereka memanfaatkan kota tersebut untuk berlindung dari para pemburu karena pemburu tersebut tidak akan ada yang berani untuk masuk ke kota ini.

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui
Pict from Here
2. Mutasi Genetika
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, paparan radiasi mungkin dapat menyebabkan mutasi genetika terhadap makhluk hidup. Layaknya mutant di film X-Men, makhluk hidup di kota tersebut berhasil berevolusi sehingga mampu untuk mempertahankan hidupnya.

Seperti tumbuhan kedelai yang tumbuh di sekitar Chernobyl, mereka berhasil bertahan dari paparan radiasi karena tumbuhan ini berhasil mengembangkan pertahanan anti-radiasi. Mungkin hal ini akan menjadi pengetahuan yang sangat penting untuk masa depan umat manusia kelak. Contoh lainnya adalah beberapa spesies jamur yang bahkan dapat tumbuh subur meskipun di daerah yang terkena radiasi (Crytococcus neoformans).

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui
Pict from Here
1. Radiasi di sekitar kita
Kita secara konstan terbombardir oleh paparan radiasi setiap harinya, walaupun kebanyakan tidak berbahaya. Meskipun benar bahwa telepon seluler kita memancarkan paparan radiasi. Faktanya, tubuh kita sendiri lebih memancarkan paparan radiasi daripada telepon seluler kita.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa limbah industri seperti arsenik lebih berbahaya terhadap kesehatan manusia ketimbang limbah produk nuklir. Beberapa kota paling berpolusi di dunia tercemar oleh limbah-limbah pabrik yang mana menyebabkan penduduknya dan umumnya anak-anak mengalami gangguan-gangguan kesehatan yang mengancam nyawa mereka. Rata-rata perokok terpapar dosis radiasi tahunan setara dengan 300 kali CT Scan (70,000 BED) karena zat  isotop yang radioaktif di dalam rokok.

5 Fakta Menyeramkan Radiasi Yang Wajib Kamu Ketahui
Pict from Here

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".