Skip to main content

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

Bumi merupakan planet yang memiliki keberagaman mulai dari makhluk hidup hingga tak hidup yang sangat melimpah. Belum lagi kandungan isi perut bumi, mulai dari batuan-batuan dan mineral-mineral yang berguna untuk menunjang kelangsungan hidup makhluk hidup. Namun, beberapa dari batuan dan mineral tersebut mungkin dapat membahayakan hidup anda, dan sebagian diantaranya memiliki bentuk yang unik dan tergolong indah. Salah-salah anda dapat keracunan karena bebatuan dan mineral ini. Berikut ini adalah "10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari".


1. Coloradoite
Colarodoite merupakan mineral yang baru-baru ini ditemukan dan berasal dari magma vena. Logam langka ini merupakan telurid senyawa merkuri yang terbentuk ketika merkuri bercampur dengan telurium dan sangatlah beracun karena memiliki dua unsur komponen yang juga beracun serta dapat membahayakan nyawa apabila tidak ditangani dengan serius. Apabila mineral ini dipanaskan, akan membentuk wujud gas dan uap air yang sangatlah berbahaya. 

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

2. Chalcanthite
Mineral indah ini tersusun atas tembaga, sulfur, elemen lainnya serta air. Membuatnya menjadi mineral tembaga yang baik bagi tubuh namun sangat berbahaya apabila dalam jumlah yang lebih. Sehingga tembaga pun larut dalam air lalu terasimilasi dalam jumlah yang besar dan membuat air menjadi tercemar. Air yang tercemar ini sangatlah berbahaya apabila terminum karena dapat membunuh tumbuhan dan binatang, bagaimana bila air ini terminum oleh manusia? 

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

3. Hutchinsonite
Hutchinsonite adalah mineral sulfosalt yang terbentuk dari campuran thallium, arsenik, dan timah. Mineral ini merupakan mineral hydrothermal yang sangat langka. Mineral ini sangatlah berbahaya bagi makhluk hidup khususnya manusia karena dapat menyebabkan hilangnya rambut (kebotakan), penyakit serius melalui kontak kulit, dan yang lebih fatal lagi, kematian. Tidak heran mineral ini sangatlah berbahaya mengingat elemen-elemen penyusun dari mineral ini juga merupakan mineral yang sangat berbahaya. 

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

4. Galena
Galena merupakan mineral berwarna abu-abu kebiruan dengan kilap logam, yang sangatlah indah jika kita melihat dengan sekilas. Metode penambangan pada mineral ini umumnya menggunakan peledakan. Meskipun indah mineral yang satu ini sangatlah berbahaya. Jika seseorang mengalami kontak dengan Galena dapat menghadapi risiko tinggi keracunan dengan mineral dan debu yang mematikan. Jika diekstrak, dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

5. Asbestos
Mungkin dari sekian batu-batuan yang ada dalam daftar, mineral inilah yang paling sering kita dengar. Mineral ini banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari dalam banyak hal. Asbestos adalah sebuah grup mineral metamorfosis berfiber. Namun, penghirupan dari beberapa jenis fiber asbesots dapat berbahaya bagi keseharan, salah satunya dapat menyebabkan penyakit kanker, dan telah dilarang di berbagai negara. Oleh karena itu, penggunaan asbestos telah banyak digantikan oleh fiberglass.

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

6. Arsenopyrite
Mineral ini merupakan salah satu bijih arsen yang keberadaannya sangat langka, dan seringkali berasosiasi dengan keberadaan emas sehingga diusahakan sebagai hasil sampingan dan penambangan emas. Arsenik sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan manusia terkontaminasi arsenik dikarenakan meminum air yang tercemar mineral ini. Efek yang ditimbulkan apabila terkontaminasi atau teracuni hewan ini adalah muntah, pencernaan rusak, diare, rasa haus yang hebat, kram perut, dan kematian.

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

7. Torbernite
Sekilas mineral ini sama dengan batu kryptone dalam komik Superman. Bahan atau elemen penyusun dari batuan ini juga termasuk zat yang sangat berbahaya termasuk uranium, fosfor, dan tembaga. Bayangkan saja untuk uranium seukuran kantong saku saja sudah menyebabkan bencana Chernobyl, bentuk gas dari zat ini dapat menimbulkan kanker. Semakin hijau warna batuan ini berarti semakin tinggi tingkat uranium yang terdapat di batuan tersebut. 

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

8. Stibnite
Stibnite adalah antimon sulfida, namun terlihat seperti perak. Mineral ini banyak menewaskan manusia dikarenakan tercampur ke makanan dan menyebabkan kematian karena keracunan pada saat mineral ini belum dikenal. Kualitas Stibnite terbaik di dunia dapat ditemukan di penambangan dekat Osaka di Jepang. Kristal ini berwarna abu-abu ke hitaman dan merupakan kristal tajam. Cara utama untuk mengurangi dan menghindari keracunan mineral ini adalah dengan mencuci tangan dan memperhatikan bahan makanan.

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

9. Orpiment
Benda yang paling berbahya dari arsenik sendiri adalah campuran antara arsenik dan sulfur. Orpiment sendiri banyak digunakan sebagai obat di China dan merupakan unsur penting dari kekaisaran Romawi. Orpiment juga terkenal sangat beracun dan sering dijadikan panah beracun dan dan racun terbang pada zaman dahulu. Orpiment juga sering digunakan sebagai komponen utama warna oker atau kuning tua pada lukisan, dan tidak jarang pula meracuni pelukisnya. 

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

10. Cinnabar
Cinnabar atau merkuri sulfida adalah mineral tunggal paling beracun yang ada di muka Bumi. Arti dari mineral ini sendiri adalah "Dragons Blood" dalam bahasa Inggris, dan sebagai bijih utama mineral merkuri. Cinnabar dapat melepaskan merkuri murni apabila dipanaskan, menyebabkan tremor (gemetaran), hilangnya pengindraan dan kematian. Di China, mineral ini sering digunakan sebagai ornamen pada makanan dan dijadikan ukiran sebagai hiasan. Dan yang paling gila lagi, pada pengobatan kuno Cinnabar disebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dengan kondisi tertentu.

10 Batuan dan Mineral Paling Berbahaya di Dunia Yang Harus Kamu Hindari

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".