Skip to main content

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda biasa yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Banyak sekali hewan-hewan yang sangat lihai dalam melakukan kamuflase. Contohnya seperti hewan-hewan yang akan di bahas berikut ini. Yak. Kali ini kita akan membahas tentang "10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflasi Yang Luar Biasa".

1. Baron Cartepillar
Ulat kecil ini menjadi salah satu hewan dengan kemampuan paling luar biasa di dunia. Hewan ini merupakan hewan endemik India dan Asia Tenggara. Mereka memiliki panjang tubuh 4 mm dengan duri-duri kecil di sekujur tubuhnya pada saat menetas, dan dapat tumbuh hingga 45 mm. Lihat saja gambar di bawah ini, hampir tidak mungkin untuk menemukan ulat satu ini dikarenakan tubuhnya yang menyerupai tulang dan serat daun yang dihinggapinya.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

2. Merlet's Scorpionfish 
Di Indonesia sendiri ikan ini disebut juga ikan singa atau ikan kalajengking. Penampilan ikan ini sangatlah unik dengan siripnya yang sangat beracun dan mematikan. Ikan ini juga sangat susah untuk ditemukan apabila sudah berkamuflase, khususnya bagi Merlet's Scorpionfish. Ikan yang memiliki bagian tubuh seperti rumput laut yang menjadikan ikan ini sangatlah ahli dalam bersembunyi. Mereka akan berkamuflase dengan koral dan menunggu mangsanya untuk datang lalu memakannya.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

3. Pygmy Seahorse
Pygmy Seahorse merupakan kuda laut sekaligus invertebrata terkecil di dunia. Lokasi hidup untuk hewan kecil ini pada satu jenis koral saja, yaitu koral kipas (Gorgonian). Ukuran dewasa pada hewan ini hanya sekitar 2cm. Dengan ukuran yang sangat kecil tersebut, tidak heran apabila hewan ini sangat sulit sekali untuk ditemukan. Belum lagi karakteristik tubuhnya yang menyerupai koral yang membuat ia sangat ahli dalam berkamuflase.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

4. Tawny Frogmouth 
Tawny Frogmouth adalah salah jenis dari burung hantu endemik Australia. Meskipun hewan ini termasuk hewan nokturnal, mereka memiliki cara sendiri untuk bersembunyi pada siang hari. Warna serta corak tubuhnya menyerupai batang pohon yang sudah tua. Makanan utama burung unik ini adalah serangga-serangga kecil yang mudah untuk ditemukan. Namun sayangnya, hewan ini terancam keberadaannya dikarenakan perburuan oleh manusia.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

5. Leafy Sea Dragon
Leafy Sea Dragon merupakan hewan yang memiliki kemampuan kamuflase unik lainnya. Hewan ini merupakan hewan endemik perairan Australia Selatan. Hewan ini memiliki bagian tubuh yang sangat unik, bagaimana tidak? Lihat saja bagian tubuh hewan ini yang menyerupai dedaunan, menjadikan hewan ini seperti daun hidup yang berenang di perairan. Mereka sering disalah artikan sebagai kuda laut, namun hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena hewan ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan kuda laut.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

6. Underwing Moth
Terdapat lebih dari 200 jenis spesies dari Underwing Moth, kebanyakan dari mereka dapat ditemukan di bagian Timur Laut Amerika Serikat. Keunikan dari ngengat ini adalah sepasang sayang ke-dua dari ngengat ini hanya dapat terlihat saat mereka terbang. Corak dari sayap ke-dua ini juga berbeda dari yang pertama, apabila yang pertama cenderung berwarna abu-abu yang menyerupai kulit pohon, namun sayap ke-dua cenderung berwarna cerah seperti orange, putih, pink, kuning, dan merah. Tidak hanya memiliki keunikan dalam bentuk ngengat, ulat ngengat ini juga berbeda daripada ulat-ulat pada umumnya.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

7. Reef Stonefish
Ikan yang satu ini terkenal sebagai mimpi buruk para penyelam, mengapa? Lihat saja bentuk dari ikan ini yang menyerupai batu karang dan sangat sulit untuk dibedakan dengan batu karang. Namun, bagian terburuk dari hewan ini adalah racun yang terdapat pada duri-duri di tubuhnya. Racun tersebut dapat menewaskan orang dewasa sekalipun, tak ayal ikan ini termasuk ke dalam ikan yang paling beracun di dunia serta ikan yang memiliki kemampuan kamuflase yang luar biasa.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

8. Dead Leaf Butterfly
Jauh dari kesan cantik dan indah, kupu-kupu yang satu ini memiliki sepasang sayap unik dan terkesan natural. Yak, Dead Leaf Butterfly memiliki bentuk dan corak sayap yang menyerupai daun yang telah mati dan menguning. Tentu bentuk sayap seperti ini bukan tanpa alasan, sayap ini memiliki fungsi sebagai alat untuk berkamuflase diantara dedaunan. Kupu-kupu ini, banyak ditemukan di Asia, khususnya Jepang dan India.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

9. Leaf Tailed Gecko
Gecko unik asal Madagaskar ini adalah hewan yang memiliki kemampuan kamuflase yang luar biasa selanjutnya. Hampir sama dengan Dead Leaf Butterfly hewan ini memiliki bagian tubuh yang menyerupai daun yang telah mati. Namun, bedanya hewan ini juga dapat mengubah warna kulitnya menjadi warna daun yang telah mati. Nama hewan ini diambil dari karakteristik tubuhnya, yaitu ekor yang menyerupai daun mati yang berwarna kecoklatan. Para penduduk lokal Madagaskar takut akan hewan ini dan menyebut makhluk ini sebagai setan.

10 Hewan Dengan Kemampuan Kamuflase Yang Luar Biasa

10. Gurita
Gurita merupakan salah satu hewan terpintar di muka bumi ini. Mereka dapat mengganti warna serta corak tubuhnya, mereka juga dapat membentuk beberapa organisme maupun benda mati lainnya seperti ikan, ular laut, koral, rumput laut, bebatuan laut, serta yang paling unik hewan ini juga dapat berpura-pura menjadi kerang dengan masuk kedalam cangkang kerang yang telah mati. Seperti halnya video yang terekam oleh ahli biologi laut Roger Hanlon berikut ini.




Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".