Skip to main content

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here
Kanibalisme merupakan sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya. Perilaku ini kerap terjadi di daerah pedalaman yang biasanya dilakukan oleh suku-suku tertentu di daerah tersebut. Namun tidak sedikit juga orang-orang kanibal hidup dan berbaur di sekitar kita. Berikut ini adalah "5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme".

5. Rasa Daging Manusia
Kebanyakan orang yang melakukan kanibalisme mengatakan bahwa rasa daging manusia seperti rasa daging babi, ayam atau sapi. Armin Meiwes, pelaku kanibalisme asal Jerman mengatakan dalam wawancaranya bahwa rasa daging manusia mirip rasa daging babi "tapi sedikit pahit dan kuat, rasanya cukup enak". Umur seseorang, bagian tubuh yang dimakan, dan bagaimana cara orang memasak daging manusia mempengaruhi rasa daging tersebut. 

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here
4. Kuru
Dibalik itu semua, anda mungkin akan berpikir dua kali saat ingin melakukan tindakan kanibalisme. Tidak hanya anda akan ditangkap oleh pihak yang berwenang, namun anda mungkin akan terjangkit penyakit 'Kuru'. Kuru adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, bersifat degeneratif dan dapat mengakibatkan kondisi yang fatal berujung kematian. 

Kuru pertama kali ditemukan pada tahun 50-an di daerah Papua Nugini, dimana penyakit ini menyebar akibat kebiasaan kanibal suku Fore. Suku Fore memiliki suatu tradisi dimana mereka memakan jasad anggota suku yang telah mati termasuk otak mereka, dimana otak merupakan letak protein yang sangat mematikan (Prion) banyak ditemukan.

Gejala penyakit Kuru antara lain tremor, tertawa histeris tanpa sebab, cadel dan akhirnya tidak dapat bergerak atau menelan. Masa inkubasi penyakit ini antara 10 hingga 13 tahun, namun dalam beberapa kasus juga dapat terjadi 50 tahun atau lebih. Kebanyakan dari mereka meninggal setahun setelah gejala penyakit tersebut muncul.

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here
3. Endo- dan Eksokanibalisme
Kebanyakan perilaku kanibalisme dibagi menjadi 2 kategori. Yang pertama adalah Endokanibalisme, dimana para pelaku kanibalisme memakan daging manusia yang telah meninggal, umumnya adalah mereka yang berasal dari suku atau keluarga yang sama untuk memuliakan kematian orang tersebut. Suku Fore contohnya, mereka memakan daging dan otak anggota sukunya yang telah meninggal, dengan melakukan hal ini diharapkan jiwa anggota suku yang telah meninggal akan selalu dekat dan bersama dengan keluarga mereka yang masih hidup.

Kategori kedua adalah eksokanibalisme, yaitu aksi kanibalisme terhadap seseorang untuk membunuh atau untuk mengintimidasi orang lain. Meskipun misionaris Kristen dan pemerintah telah menghapuskan segala jenis aksi endokanibalisme, aski eksokanibalisme masih banyak dilakukan di seluruh dunia. 

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here
2. Kanibalisme Untuk Pengobatan
Praktik kanibalisme umum dilakukan oleh warga Eropa pada abad pertengahan. Namun aksi ini murni dilakukan untuk kepentingan pengobatan. Lemak manusia dikatakan dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengobati peradangan sendi serta rematik, sementara darah manusia dikatakan dapat meringankan penyakit epilepsi dan penyakit kejang lainnya. Mereka yang mengidap penyakit epilepsi kerap membayar seorang algojo untuk mendapatkan darah dari orang yang telah Ia eksekusi. Daging dan darah dari wanita perawan dan orang yang meninggal akibat digantung (entah itu gantung diti atau karena hukuman) dianggap lebih berharga serta banyak dicari.

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here
1. Kanibalisme dan Penyakit Mental
Kanibalisme selain karena alasan bertahan hidup dan bagian ritual sering dianalogikan sebagai hasil dari penyakit mental. Diagnosa umum untuk para pelaku kanibalisme modern adalah schizophrenia, yang mana dapat menyebabkan halusinasi serta delusi. Dokter lain mendiagnosa penyakit kanibal sebagai tindakan psikopat, artinya mereka paham dan sadar dengan apa yang mereka lakukan namun memiliki sedikit empati untuk menyesali tindakan mereka. 

Yang mengganggu adalah menurut dokter asal California, Karen Hylen, kegiatan kanibalisme dapat menyebabkan kecanduan layaknya merokok dan pemakaian narkoba. Kecanduan ini dimulai dari fantasi yang berulang lagi dan lagi di otak sang psikopat. Pada saat orang tersebut akhirnya dapat melampiaskan nafsu mereka dengan memakan daging manusia layaknya fantasi mereka, otak pelaku tersebut akan dibanjiri oleh dopamin, yang membuat mereka ngefly layaknya menghisap kokain.

5 Fakta Menjijikkan Mengenai Perilaku Kanibalisme
Pict from Here

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".