Skip to main content

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Awan adalah massa yang dapat dilihat dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau permukaan planet lai. Awan memiliki banyak sekali formasi-formasi yang sangat unik. Berikut ini adalah "5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat".

5. Awan Lenticular 
Awan lenticular atau disebut juga altocumulus lentricularis, merupakan awan  berbentuk lensa stasioner yang membentuk di dataran tinggi. Awan jenis ini banyak ditemukan dan terbentuk di sekitar gunung. Awan ini terliht seperti mangkuk besar layaknya piring terbang. Kemunculannya juga dihubung-hubungkan oleh kemunculan UFO. Namun, penampakan awan ini sesungguhnya adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

4. Awan Gulung 
Awan gulung atau roll cloud merupakan jenis awan langka yang dapat terbentuk di dekat fronts yang cepat mendingin. Awan ini terlihat seperti kue gulung yang sangat panjang. Awan gulung dapat menjadi sebuah pertanda adanya aktivitas microburst (angin yang menghempas ke bawah). Fenomena ini sering terlihat sebelum atau ketika terjadi badai atau angin topan. Namun, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa awan gulung tidak dapat menjadi sebuah tornado.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

3. Awan Shelf
Awan shelf, shelf cloud, atau awan rak merupakan jenis awan yang terbentuk di daerah yang sangat rendah dengan permukaan bumi. Tak seperti awan gulung, awan rak melekat pada induk awan yang lebih besar. Penampakan awan ini kadang menjadi sebuah pertanda akan terjadinya badai di daerah itu.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

2. Awan Mammatus
Awan mammatus atau mammatocomulus, merupakan awan yang menyerupai kantung-kantung dan merupakan salah satu contoh jenis awan paling langka untuk ditemui. Banyak yang mengatakan bahwa apabila awan ini terbentuk maka akan terjadi sebuah badai atau tornado yang akan datang. Namun, sebenarnya pernyataan ini sangatlah salah. Kemunculan awan ini biasanya menjadi pertanda bahwa badai atau tornado akan segera berakhir. Nama mammatus diambil dari kata "mamma" yang artinya puting atau payudara karena bentuknya yang mirip dengan payudara wanita.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

1. Awan Nacreous
Awan Nacreous atau awan stratosfer disebut juga dengan awan ibu mutiara, merupakan jenis awan unik langka yang terbentuk di ketinggian 15 - 25 km di atas stratosfer dan jauh di atas awan troposfer. Awan ini memiliki warna warni unik yang bervariasi yang terbentuk dari cahaya matahari. Awan unik ini biasanya terbentuk di daerah kutub dan daerah bersuhu tinggi lainnya seperti; Skandinavia, Alaska, dan Kanada Utara. Awan ini terlibat dalam pembentukan lubang ozon karena konten mereka adalah asam nitrat dan atau asam sulfat.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Bonus : Awan Stratocomulus
Menurut Observatorium Metereologi Sapporo, awan stratocomulus merupakan jenis awan yang terbentuk karena terjebak arus udara panas dan arus udara dingin. Awan ini merupakan jenis awan yang sangat jarang untuk ditemui dan biasanya terbentuk menjadi 3 gulungan awan memanjang. Hampir sama dengan awan gulung namun lebih kecil dan lebih banyak. Fenomena awan unik ini sering muncul pada bulan September dan pertengahan bulan November.

5 Formasi Awan Paling Langka Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".