Skip to main content

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here
Beberapa waktu belakangan ini batu akik sangatlah digemari dan dicari. Yak, batu beraneka ragam dan jenis tersebut, kembali melejit baik dikalangan pengoleksi, pria, wanita, tua dan bahkan anak muda pun tak ikut ketinggalan memakai batu unik ini. Namun, diantara semua batuan-batuan unik tersebut, ada beberapa batuan yang tergolong sangat langka dan jarang untuk ditemui. Karena sangat langka, tak jarang harga batuan-batuan tersebut sangatlah tinggi. Berikut ini adalah "5 Batuan Permata Paling Langka di Dunia".

Note :
Carat yang dipakai adalah karat untuk satuan berat dari 'batu mulia' khusunya intan.

5. Painite - 50-60,000 USD/ Carat
Batu permata ini dari dulu diyakini sebagai batu permata paling langka dan paling sulit dicari di dunia. Batu ini pertama kali ditemukan oleh seorang minerologist (orang yang ahli dalam bidang mineral) asal Inggris di Myanmar. Pada saat diketahui batu permata ini merupakan batu permata jenis baru, batu ini dinamakan berdasarkan nama penemunya saat itu; C.D. Pain. Untuk beberapa tahun, hanya tiga buah batu pianite yang berhasil ditemukan di seluruh dunia, itupun sangat kecil ukurannya. Hinga pada tahun 2005, manusia hanya berhasil menemukan kurang dari 25 buah batu pianite di seluruh dunia. 

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here
4. Garnet Biru - 1,5 Juta USD/ Carat
Batu garnet diketahui memiliki beberapa variant warna seperti; merah, kuning orange, hijau, biru, ungu, coklat, hitam, pink dan bahkan ada yang tidak berwarna. Dari semua jenis batu garnet tersebut, batu garnet birulah yang paling langka, pertama kali ditemukan pada akhir 1990-an di Bekily, Madagaskar. Batu ini juga dapat ditemukan di beberapa wilayah seperti Amerika Serikat, Russia dan Turki. Batu ini dapat berubah warna dari biru hijau pada saat siang hari menjadi warna ungu pada saat terkena sinar lampu pijar, hal ini terjadi sebagai hasil dari jumlah vanadium yang relatif tinggi. Batu garnet biru yang paling mahal yang pernah tercatat adalah sebuah batu garnet biru 4,2 carat, yang terjual pada tahun 2003 dengan harga 6,8 Juta USD.

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here
3. Serendibite - 1,8-2 Juta USD/ Carat
Serendibite merupakan sebuah batu permata berwarna sian atau cyan yang dapat ditemukan di Sri Lanka. Batu ini terbentuk dari formula kompleks yang terdiri dari kalsium, magnesium, alumunium, silikon, boron dan oksigen. Sejauh ini, hanya ada tiga jenis carat dari batu ini yaitu; 0,35 carat, 0,55 carat, dan 0,56 carat. Yang paling kecil terjual dengan harga 14,300.00 per carat. Sementara dua lainnya ditemukan oleh ahli batuan langka D.P. Gunasekera dan kemudian dibeli oleh Prof. E.J. Gübelin dari Swiss.

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here
2. Berlian Merah - 2-2,5 Juta USD/ Carat
Red Diamond atau Berlian Merah merupakan salah satu batuan permata paling langka di dunia. Hanya sedikit berlian merah yang pernah ditemukan di seluruh dunia, dan hanya ada beberapa orang yang pernah melihatnya secara langsung. Batuan ini dideskribsikan sebagai batuan yang berwarna merah keungu-unguan, sehingga warnanya tidak murni merah, merah tua, atau vermillon. Namun karena ukurannya, berlian ini menjadi salah satu berlian paling mahal di seluruh dunia. Pertambangan Argyle di Australia memproduksi batu berlian merah ini, namun dalam jumlah yang relatif sedikit. Batu berlian merah yang terbesar dan terbaik dari tambang ini, sering dilelang setiap satu atau dua tahun, dan terjual hingga jutaan dollar.

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here
1. Jadeite - +3 Juta USD/ Carat
Sebelumnya kami akan menjelaskan apa itu jadeite dan apa bedanya dengan jade/ batu giok. Sebenarnya jade atau batu giok memiliki dua kandungan mineral yang berbeda, yaitu jadeite dan nephrite. Dari segi kualitas, kuantitas, dan kelangkaan, dua kandungan mineral tersebut sangatlah berbeda. Jadeite jauh lebih langka daripada nephrite, harga jadeite tentu juga lebih tinggi daripada nephrite. Umumnya batu-batu giok yang dijual lebih banyak mengandung Jadeite daripada nephrite. Jadi intinya, semua jadeite merupakan batu giok, namun tidak semua batu giok merupakan jadeite.

Hingga beberapa tahun, jadeite menjadi batuan mineral yang paling miterius, namun sekarang kita telah mengetahui bahwa sumber utama dari batuan ini berada di Guatemala dan juga dengan beberapa wilayah di daerah California yang merupakan sumber utama dari batuan jadeite putih dan abu-abu. Batuan ini sering diikutsertakan dalam pembuatan artifak-artifak kuno, contohnya seperti artifak dari Meksiko yang umumnya menggunakan batu ini sebagai hiasan yang belum diketahui darimana asalnya. Rekor harga batu jadeite tertinggi yang pernah terjual satu buahnya merupakan sebuah kalung dari jadeite yang terjual sebesar 9,3 Juta USD pada tahun 1997.

5 Batuan Permata Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia
Pict From Here

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".