Skip to main content

5 Makhluk Aneh Dari Dasar Laut Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

5 Makhluk Aneh Dari Dasar Laut Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Kedalaman laut terkenal akan penghuninya yang sangat misterius dan aneh seperti; ikan anglerfish, cumi-cumi raksasa, dan isopoda raksasa. Namun, ada yang lebih aneh dan menakutkan lagi daripada makhluk-makhluk tersebut, keberadaannya yang sangat misterius juga kadang membuat makhluk-makhluk tersebut layaknya mitos belaka. Berikut ini adalah "5 Makhluk Aneh Dari Dasar Laut Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya".

5. Stygiomedusa Gigantea
Ingat dengan makhluk menakutkan dementor di film 'Harry Potter'? Ternyata terdapat makhluk yang menyerupai dementor dan ia hidup di dalam kedalaman laut. Selain cumi-cumi raksasa atau giant squid, di kedalaman samudra ada makhluk raksasa lain yang tak kalah menakutkan. Ia adalah Stygiomedusa Gigantea, spesies dari ubur-ubur raksasa yang termasuk ke dalam keluarga Ulmaridae. Ubur-ubur ini sangat jarang sekali ditemui, dalam 110 tahun terakhir, ia hanya terlihat oleh manusia sebanyak 115 kali, namun diyakini spesies ini hidup tersebar di seluruh lautan di Bumi. Ubur-ubur ini tidak memiliki rumbai-rumbai benang seperti kebanyakan ubur-ubur, karena itu mereka tidak menyengat layaknya spesies lain. Namun, mereka memiliki lengan yang menyerupai dayung yang diyakini digunakan untuk menjebak mangsanya. Lengan tersebut dapat tumbuh hingga 6 meter dan berbentuk layaknya mengenakan sebuah jubah.

4. Predatory Tunicate
Predatory tunicate (Megalodicopia hians) merupakan spesies dari Urochordata atau Tunicata yang hidup di dasar lautan dan di dinding palung. Umumnya, Tunicate atau "Sea Squirts" tidak banyak bergerak. Namun di kedalaman laut, sangat susah untuk mencari plankton sebagai makanan utama, jadi kebanyakan hewan laut dalam mau tidak mau harus memangsa hewan yang lebih besar untuk bertahan hidup. Predatory tunicate salah satunya, telah banyak berevolusi untuk berbaur dengan habitatnya. Ia memiliki mulut yang besar untuk menjebak krustasea kecil, ditambah dengan wujudnya yang transparan, menjadikan makhluk ini layaknya tumbuhan venus flytrap bawah laut. Kadangkala hewan ini disebut juga sebagai "Ghostfish", dan hidup di ngarai bawah laut Monterey, di kedalaman 200-1,000 meter di bawah permukaan laut.


3. Giant Ostracod 
Ostracod, atau dikenal juga dengan nama "seed shrimp" atau "clam shrimp", dapat ditemukan di hampir seluruh dunia, bahkan dapat ditemukan di genangan air hujan. Ostracod biasanya hanya berukuran lebih kecil daripada butiran pasir, hal itulah mengapa saudaranya dari kedalaman laut disebut giant ostracod karena dapat tumbuh sebesar bola kelereng atau buah anggur. Layaknya hewan 'seed shrimp' lainnya, hewan ini sangatlah tipis dan transparan, dan berbentuk bundar layaknya gelembung.


2. Swima
Swima merupakan genus dari cacing polychaete yang umumny hidup di kedalaman laut. Beberapa spesies menghabiskan seluruh hidupnya untuk berenang, mungkin karena itulah makhluk ini dinamakan 'swima'. Beberapa dari spesies hewan unik ini bahkan disebut sebagai cacing "green bomber", dikarenakan mekanisme pertahanannya yang sangat unik dan aneh. Setiap cacing memeliki sebuah bulatan kecil berwarna hijau layaknya kacang polong di dekat kepalanya, di dalam bulatan tersebut terdapat bakteri yang dapat memproduksi cahaya. Pada saat diserang, cacing ini dapat menjatuhkan satu atau lebih bulatan tersebut, yang mana bulatan tersebut dapat menyalakan sebuah cahaya hijau untuk beberapa detik untuk mengecoh musuhnya. Selagi musuhnya kebingungan dan menyerang cahaya tersebut, cacing ini akan berenang menjauh dari musuhnya.


1. Pelagothuria Natatrix
Pelagothuria Natatrix pertama kali ditemukan pada tahun 1890-an. Dikatakan hewan tersebut merupakan hewan yang sangat umum ditemukan saat melakukan ekspedisi bawah laut pada saat itu, namun kini sangat jarang sekali untuk ditemui. Hewan ini merupakan spesies dari teripang dan lebih terlihat seperti ubur-ubur daripada teripang. Wujud tubuhnya yang berkerut dan sirip yang besar, membuatnya tidak sama dengan teripang yang hidup di dasar laut lainnya, yang mana menghabiskan kebanyakan hidupnya memilah makanan di dasar laut. Mereka dapat berenang kesana kemari dan sangat mirip dengan ubur-ubur.

5 Makhluk Aneh Dari Dasar Laut Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya


Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".